Wednesday, January 12, 2011

Sebaiknya Anda Tahu

Share on :

Meski mungkin saat ini ada diantara kita yang dilahirkan dalam keluarga yang tercukupi segalanya secara melimpah, lantas jangan pernah mengatakan bahwa kita tidak membutuhkan orang lain. Sebagaimana Allah yang menciptakan manusia hidup berpasang-pasangan,
adalah menunjukan bahwa setiap manusia sehebat apapun ia, sekalipun ia sanggup menghadapi setiap keadaan tersulit dalam hidupnya, tetap ia bukanlah manusia yang sanggup hidup seorang diri.

Karena itu sudah menjadi sifat dasar manusia sebagai makhluk social, artinya tidak bisa tanpa bergantung pada manusia lainnya.
Karena itulah sangat penting bagi setiap orang untuk terus mengembangkan atau melatih dirinya agar memiliki sikap-sikap yang benar dalam pergaulan, sehingga suatu saat dapat saling membantu dan mewujudkan setipa harapan, cita-cita, dan impian setiap orang.

10 sikap kualitas pribadi yang wajib dimiliki jika ingin berhasil dalam hdup dan pergaulan :

1. Ketulusan
ketulusan merupakan sifat yang paling disukai oleh semua orang. Ketulusan membuat orang lain merasa aman dan dihargai karena yakin tidak akan dibodohi atau dibohongi. Orang yang tulus selalu mengatakan kebenaran ia memiliki prinsip “Ya” di atas Ya dan “Tidak” di atas Tidak. Tulus adalah tanpa pamrih!
2. Kerendahan Hati
Kerendahan hati mengungkapkan kekuatan, hanya orang yang kuat jiwanya yang bisa bersikap rendah hati. Orang yang rendah hati bisa mengakui dan menghargai keunggulan orang lain. Ia bisa menghargai orang yang diatanya dan membuat orang yang dibawahnya tidah merasa minder.
3. Kesetiaan
Orang yang setia selalu bisa dipercaya dan bisa diandalkan. Dia akan selalu menepati janjinya, orang yang setia punya komitmen yang kuat, rela bekorban dan tidak suka berkhianat.
4. Positive Thinking
Orang yang bersikap positif salalu berusaha melihat segala sesuatu dari kacamata positif, bahwakan dalam situasi yang buruj sekalipun. Dia lebih suka membicarakan kebaikan daripada keburukan orang lain, lebih suka bicara mengenai harapan daripada keputusan, selalu mencari solusi daripada frustasi lebih suka memuji daripada menghina.
5. Kecerian
Orang yang ceria adalah orang yang bisa menikmati hidup, tidak suka mengeluh dan selalu berusaha meraih kegembiraan. Dia bisa menertawakan situasi, orang yang ceria mempunya potensi untuk menghibur dan memdorong semangat orang lain.
6. Bertanggung Jawab
Orang yang mau bertanggung jawab akan melaksanakan kewajibannya dengan benar, ia berani mengakui kesalahnya. Ketika mengalami kegagalan ia tidak akan mencari kambing hitam untuk disalahkan. Bahkan kalau ia merasa kecewa dan sakit hati ia tidak akan menyalahkan siapapun. Dia menyadari bahwa dirinyalah yang bertangung jawab atas apapun yang diaalami dan dirasakannya.
7. Percaya Diri
Rasa percaya diri memungkin seseorang menerima dirinya sebagaimana adanya, menghargai dirinya dan menghargai orang lain. Orang yang percaya diri mudah menyelesuaikan dirinya dengan lingkungan ydan situasi yang baru. Ia tau apa yang harus dilakukan dan melakukannya dengan baik.
8. Kebesaran Jiwa
Orang yang berjiwa besar tidak membiarkan dirinya dikuasai oleh rasa benci dan permusuhan. Ketika menghadapi masa-masa sukar ia tetap tegar, tidak membiarkan dirinya hanyut dalam kesedihan dan keputusasaan.
9. Easy Going
Orang yang easy going menganggap hidupnya ringan. Dia tidak suka membesar-besarkan masalah kecil. Bahakan berusaha menecilkan masalah besar ia tidak suka mengungkit masa lalu dan tidak mau khawatir dengan masa depan. Dia tidak mau ambil pusing dan stresss dengan masalah-masalah yang berada diluar kontrolnya.
10. Empati
Empati adalah sifat yang mengagumkan. Orang yang berempati bukan saja pendengar yang baik tapi juga bisa menempatkan diri pada posisi orang lain. Ketika terjadi konflik dia selalu mencari jalan keluar terbaik bagi kedua pihak. Tidak suka memaksa pendapat dan kehendaknya sendiri, dia selalu berusaha memahami dan mengerti orang lain.

Selamat memiliki kualitas hidup yang luar biasa…Tuhan Yesus Memberkati !

0 komentar:

Post a Comment