Tuesday, June 19, 2012

Paragraf Deduktif dan Induktif

Share on :

Paragraf Induktif merupakan sebuah paragraf yang dimana gagasan utama dari tulisan yang di buat terdapat pada akhir paragraf. Sebaliknya, paragraf deduktif, inti kalimat utamanya terdapat pada awal paragraf.

Berikut adalah contoh sederhana dari paragraf deduktif dan induktif.

 Paragraf Induktif :
 Para pendemo berdesak-desakan bersama polisi. Kericuhan pun terjadi ketika para pendemo memaksa  masuk ke gedung DPR. Sempat terjadi perkelahian antara pihak kepolisian dan pendemo yang sebagian besar dari mereka adalah mahasiswa. Di duga, ada pihak ketiga yang memprovikasi aksi anarki tersebut. Pasalnya, demo di lakukan demi menyuarakan suara rakyat untuk menurunkan harga BBM. Gagasan utama dari paragraf tersebut adalah Pasalnya, demo di lakukan demi menyuarakan suara rakyat untuk menurunkan harga BBM.

Paragraf Deduktif :
 Iphone 4 siri merupakan gadget terbaru dan inovatif dari apple. Selain memiliki spesifikasi yang lebih optimal, gadget ini juga di patok dengan harga yang relative standar untuk masyarakat umum. Fitur yang paling menonjol yaitu voice recognition dimana user dapat memerintahkan smartphone tersebut untuk menjawab beberapa pertanyaan singkat melalui suara. Sistem operasi yang di gunakan yaitu iOS 5 dengan menjanjikan performa terbaik untuk kelas smartphone. Namun sayangnya, daya tahan baterai pada perangkat ini belum begitu memuaskan.

 Gagasan utama paragraf tersebut adalah Iphone 4 siri merupakan gadget terbaru dan inovatif dari apple.

0 komentar:

Post a Comment